Home » » Setan Sundel Bolong

Setan Sundel Bolong

 Haloo sobat.... Nih artikel adalah request dari salah satu sahabat kita yg bernama vfly47, heheh, thanks ya sob..
Seperti yang pernah saya utarakan di artikel sebelumnya mengenai legenda kuntilanak bahwa saya akan membahas mengenai Setan Sundel Bolong.Maka dari itu kali ini setan tersebut lah yang akan saya bahas.Sundel Bolong bila diterjemahkan secara langsung berarti,Sundel berarti Wanita jalang - Bolong berarti Berlubang.Jadi sundel bolong adalah wanita jalang atau pelacur yang meninggal dalam keadaan hamil dan melahirkan didalam kubur.

Setan ini akan membalas dendam kepada orang-orang yang telah memperkosanya dan tidak jarang,sundel bolong juga akan mencuri bayi yang baru dilahirkan itu karena dia sangat menginginkan bayi dikarenakan bayi yang dilahirkannya di dalam kubur adalah dalam keadaan mati.Maka dari itu sangatlah tidak aneh jika masih ada orang tua yang meletakan Surat Yassin atau Al-quran diatas kepala bayi ketika tidur,ini adalah untuk mengantisipasi gangguan dari sundel bolong.

Setan sundel bolong memiliki ciri yang hampir sama dengan kuntilanak,namun di bagian belakang punggung sundel bolong terdapat lubang yang penuh dengan belatung.Lubang ini tercipta karena sundel bolong melahirkan anaknya lewat punggung.Lewat ciri inilah kita bisa membedakan mana sundel bolong dan mana kuntilanak.

Konon menurut cerita turun temurun,setan sundel bolong menyukai ari-ari bayi dan dia juga sangat malu dengan keadaan punggungnya yang berlubang(bolong).Maka dari itu disetiap kemunculannya sundel bolong selalu berusaha menutupi punggungnya tersebut dengan rambut yang digeraikan ke belakang.

Cara paling tepat untuk menakuti atau melawan sundel bolong adalah mungkin hanya dengan cara berdoa kepada tuhan yang maha kuasa.Karena cerita hantu sundel bolong sangatlah sedikit sehingga pembahasan mengenai cara melawannya sangatlah jarang diketahui.

4 pendapat:

  1. Banyak Mitos neh gan...Kuntilanak, Sundel Bolong..Semuanya hanyalah imjanisi manusia..Ia muncul karna ketakutan manusia itu sendiri sehingga membuka celah bagi jin utk menyerupai apa yg namanya sundel bolong, mau pun kuntilanak sendiri....

    BalasHapus
  2. @Taman Sambas: iya sob, ane sependapat dengan sobat, jin dapat menyerupai apa saja sesuai dengan apa yg ditakutkan oleh orang, misal: di Eropa, gk ada yg namanya pocong, org2 d sana tidak takut pada pocong, mereka takut pada drakula, vampir, dll. maka jin di sana pun menyerupai drakula, dsb, sedangkan di Indonesia, jinnya menyerupai kuntilanak, pocong, dsb. Jadi, tergantung dari ketakutan orang itu sendiri...

    BalasHapus
  3. Pada dasarnya Sundel bolong, Gondurwo, gundul pecengis itu adalah mahluk halus, dan pasti adanya karena disamping kita sebagai manusia ada mahluk lain yg disebut jin dan syetan dan mereka hidup berdampingan dengan kita di dunia ini.tentang adanya vampire dan lainya itu hanya istilah penamaan saja menurutku. salam kenal dech

    BalasHapus
  4. @makeityourring diamond engagement rings: mmmm. . . .betul juga sob, hehehe, thanks ya dah mau berpendapat, salam kenal juga. . . .

    BalasHapus

Silahkan menuliskan komentar anda, jangan sungkan-sungkan, karena blog ini sudah "do follow", tetapi patuhi peraturan yang berlaku. Dimohon untuk klik +1 di atas demi keuntungan bersama. Dilarang berkomentar hal-hal yang negatif, kasar, berbau porno, mengandung SARA, Spam, dan sebagainya. Dimohon untuk tidak mencantumkan link hidup pada komentar.

Terima kasih, komentar anda sangat berarti untuk Fahri's Articles.