Home » , » Awas, Ada Virus Pencuri Password di Facebook

Awas, Ada Virus Pencuri Password di Facebook


Virus "cacing" menyerang jejaring sosial Facebook. Setidaknya 45.000 password pengguna jejaring sosial Facebook di Inggris dan Prancis telah tercuri. Pelaku pencurian password adalah bagian dari malware atau virus yang dijuluki Ramnit, yang telah beraksi sejak April 2010. Awalnya ia menyerang data perbankan.
Facebook menganggap ini masalah serius. Mereka menemukan "cacing" jenis terbaru melalui sistem portal pengaman virtual bernama Seculert.

"Kami menduga Ramnit menyerang melalui link yang ditujukan kepada korban pengguna," kata Departemen Riset Seculert. Kalau link itu dikirim ke pengguna lainnya, serangan akan meluas.

Melalui blognya, Seculert mengingatkan pengguna untuk berhati-hati dalam memilih password yang digunakan di dunia virtual. "Kejahatan di dunia maya mengambil keuntungan dari orang-orang yang cenderung menggunakan password sama," tulis blog tersebut.

Cacing yang sedang gencar menyerang jejaring sosial ini sebelumnya dikenal suka menyerang pengguna surat elektronik alias email. Data Seculert menyatakan sebanyak 800 ribu mesin terserang virus Ramnit sejak September hingga Desember 2011.

Menurut penyedia antivirus Symantec, pada Juni 2011 sebanyak 17,3 persen virus yang menginfeksi perangkat lunak berasal dari varian Ramnit. Nah, untuk mengantisipasinya, pengguna Facebook disarankan agar selalu mengaktifkan antivirus.

Menurut konsultan portal pengaman Sophos, George Cluley, masalahnya adalah akun Facebook yang terinfeksi sulit diketahui. "Kesulitan bagi pengguna Facebook adalah tidak adanya tanda peringatan jika password terserang virus," kata Cluley

sumber

2 pendapat:

  1. wah parah nih virus yang bisa mencuri password di windows, haru secepatnya nih diantisipasi...

    terima kasih untuk informasinya sobat...

    BalasHapus
  2. @Asis Sugianto: iya sob, sangat berbahaya nih, sama-sama sob, semoga bermanfaat

    BalasHapus

Silahkan menuliskan komentar anda, jangan sungkan-sungkan, karena blog ini sudah "do follow", tetapi patuhi peraturan yang berlaku. Dimohon untuk klik +1 di atas demi keuntungan bersama. Dilarang berkomentar hal-hal yang negatif, kasar, berbau porno, mengandung SARA, Spam, dan sebagainya. Dimohon untuk tidak mencantumkan link hidup pada komentar.

Terima kasih, komentar anda sangat berarti untuk Fahri's Articles.