Home » , » Bendungan-bendungan Tertinggi di Dunia

Bendungan-bendungan Tertinggi di Dunia

Bendungan atau dam adalah konstruksi yang dibangun untuk menahan laju air menjadi waduk, danau, atau tempat rekreasi. Seringkali bendungan juga digunakan untuk mengalirkan air ke sebuah Pembangkit Listrik Tenaga Air. Kebanyakan dam juga memiliki bagian yang disebut pintu air untuk membuang air yang tidak diinginkan secara bertahap atau berkelanjutan.

Bendungan (dam) dan bendung (weir) sebenarnya merupakan struktur yang berbeda.



Bendung (weir) adalah struktur bendungan berkepala rendah (lowhead dam), yang berfungsi untuk menaikkan muka air, biasanya terdapat di sungai. Air sungai yang permukaannya dinaikkan akan melimpas melalui puncak / mercu bendung (overflow).

Dapat digunakan sebagai pengukur kecepatan aliran air di saluran / sungai dan bisa juga sebagai penggerak pengilingan tradisional di negara-negara Eropa. Di negara dengan sungai yang cukup besar dan deras alirannya, serangkaian bendung dapat dioperasikan membentuk suatu sistem transportasi air. Di Indonesia, bendung dapat digunakan untuk irigasi bila misalnya muka air sungai lebih rendah dari muka tanah yang akan diairi. Nah ada 5 Bendungan yg tinggi2 di dunia diantaranya :

Mulai dari yang paling rendah

5. Bendungan Mica di Kanada (242m)




4. Bendungan Vajont di Italia (262m)




3. Bendungan Inguri di Rusia (272m)




2. Bendungan Grande Dixence di Swiss (284m)


1. Bendungan Nurek di Rusia (317m)




sumber 
.

2 pendapat:

  1. di dekat ruamh saya juga ada bendungan sobat...

    BalasHapus
  2. Bendungan-bendungannya bagus-bagus sahabat
    Terima kasih sahabat atas berbagi pengetahuannya ini

    BalasHapus

Silahkan menuliskan komentar anda, jangan sungkan-sungkan, karena blog ini sudah "do follow", tetapi patuhi peraturan yang berlaku. Dimohon untuk klik +1 di atas demi keuntungan bersama. Dilarang berkomentar hal-hal yang negatif, kasar, berbau porno, mengandung SARA, Spam, dan sebagainya. Dimohon untuk tidak mencantumkan link hidup pada komentar.

Terima kasih, komentar anda sangat berarti untuk Fahri's Articles.