Home » » Lampu Bohlam Tertua Yang Masih Menyala

Lampu Bohlam Tertua Yang Masih Menyala



Bohlam tertua di Dunia telah menyala hingga 109 tahun. Tidak heran muncul fans club yang beranggotakan ribuan orang dan bahkan Bohlam tersebut mempunyai website sendiri

Nama bohlam tersebut adalah The Centennial Light. Bohlam tersebut terpasang di Kantor Pemadam Kebakaran Fire Station 6, di Livermore, California Utara.

Bohlam berkekuatan 4 watt tersebut didesain oleh Adolphe Chailet dan dinyalakan sejak tahun 1901 berarti usianya sekarang sekitar 109 tahun. Rahasia keawetan bohlam tersebut adalah pembuatannya dengan cara tradisional yang unik. Bohlam ini bahkan pernah ditawar seharga $ 5.000,- tetapi tidak diberikan dengan alasan historisnya.



Bahkan untuk memantau nyala lampu bohlam tersebut, sebuah CCTV terpasang selama 24 Jam



Karena keunikannya Bohlam tersebut mendapat penghargaan dari sebuah Asosiasi di Amerika.



Pada setiap tahunnya diadakan perayaan rutin dengan mengadakan pesta BBQ dan live music di Kantor Pemadam Kebakaran untuk memperingati Bohlam tersebut.

Lokasi tempat Bohlam tersebut berada



Kantor Pemadam Kebakaran Fire Station 6, di Livermore, California Utara

Menurut website resminya saat ini sedang dilakukan penelitian oleh Professor Deborah Katz di Annapolis Physics Dept untuk menyelidiki alasan keawetan lampu tersebut. Kenapa ya gan produk2 dulu rata2 lebih awet ya di bandingkan produk lain sejenis saat ini.. O iya, Ane nggak tau alamat website-nya, jika ada sobat yg tau, silahkan share...

sumber 
.

2 pendapat:

  1. wah informasi yg sangat menarik sobat mengani bohlam ini, pasti bohlan ini sangat bersejarah yach sobat...

    BalasHapus
  2. @Asis Sugianto: So pasti sob, emag sangat bersejarah... Sampe awet gitu sob

    BalasHapus

Silahkan menuliskan komentar anda, jangan sungkan-sungkan, karena blog ini sudah "do follow", tetapi patuhi peraturan yang berlaku. Dimohon untuk klik +1 di atas demi keuntungan bersama. Dilarang berkomentar hal-hal yang negatif, kasar, berbau porno, mengandung SARA, Spam, dan sebagainya. Dimohon untuk tidak mencantumkan link hidup pada komentar.

Terima kasih, komentar anda sangat berarti untuk Fahri's Articles.