Home » » Chihuahua, Anjing Terkecil dan Tertua di Dunia

Chihuahua, Anjing Terkecil dan Tertua di Dunia

Mungil itu indah. Kecil itu lucu. Mini itu elok. Imoet itu cute. Ah, entah apa lagi pujianuntuk anjing Chihuahua. Namanya juga unik. Seperti suara bocah lagi nangis.... "huahua". Tak salah, anjing Chihuahua memang kecil mungil lho. Bahkan, anjing yang terkecil atau termungil di dunia. Itulah yang membuatnya termashyur di dunia.

Imoet bangeedd khan??
Terkecil di Dunia
Oi, Chihuahua (baca: ciwawa) adalah anjing terkecil di dunia. Ah, tapi itu yang membuatnya dikenal dan disayang. Bayangin aja, tinggi chihuahua hanya 20-25 cm. Beratnya juga cuma 2-3 kilogram. Iiihh.... Mungil dan ringan banget yach... Sesuatu banget yach...

Perbandingan antara anjing Chihuahua dengan anjing lain
Wah, sebutan anjing terkecil di dunia benar-benar menjadi milik Chihuahua. Tak dapat diganggu gugat!! Sampe-sampe Chihuahua sering disebut sebagai toy breed. Aha, seperti mainan saja ya. Anjing lain yang juga mungil adalah anjing Peking dan Mini Pinhcer. Eh, tapi Chihuahua tetap lebih kecil dan terkecil di dunia lho.... Hebat 'kan??

tetep ane juaranye... Hehe..
Pegunungan Meksiko
Sekilas, nama Chihuahua seperti dari Cina. Oho, ternyata bukan lho. Chihuahua berasal dari Meksiko, Amerika Tengah. Di Meksiko, memang terdapat pegunungan yang bernama Chihuahua. Nah, Chihuahua disebut-sebut berasal dari daerah ini.

Pegunungan Chihuahua
Konon katanyaaa..... Nama Chihuahua berasal dari suku Indian Toctec (opo iki??). Di suku tersebut ada kata techichi yang berarti kecil atau mungil. Hebatnya, Chihuahua dianggap sebagai anjing tertua di dunia. Kok bisa?? Ya, karena Chihuahua telah ditemukan 3000 tahun yang lalu. Busyeeeett.... Bukan main. Luar binasa.

Di jaman pertengahan pun, ada Chihuahua, hebat euy
Cerdik dan Patuh
Yang istimewa dari Chihuahua, anjing ini termasuk jenis anjing yang cerdik dan patuh serta tidak nakal. Ia mudah dilatih. Itulah yang membuat Chihuahua sangat disayang oleh pemiliknya (ya iyalah, secara). Selain memang cerdik dan patuh, ukurannya yang mini itu "menerbitkan" perhatian para pemiliknya untuk selalu melindungi anjing kecil itu.

Capek gue, dibicarain terus sama si mimin nih, molor dulu ah
Hebatnya lagi (lagi??), anjing Chihuahua juga mudah dipelihara. Ia tidak perlu sering dimandikan agar bulunya tidak habis (Apa? Rontok kali ya??). Paling sebulan atau 3 bulan sekali, Chihuahua dimandikan. Nah, yang harus diperhatikan, janganlah sampai Chihuahua terinjak kaki. Ya, karena begitu mungilnya (Takut remuk gan).

Hiaaat... Ane yang paling gondrong Gan
Mata dan Telinga Besar
Meskipun bertubuh mungil, Chihuahua boleh sedikit "sombong" karena ia ternyata memiliki mata yang besar dan telinga yang lebar. Tak bisa dipungkiri, bentuk Chihuahua sungguh lucu dan menawan hati. Apalagi, ditambah ekornya yang selalu melengkung dan kakinya ramping.

Mata "besar", telinga "lebar"
Ah, penampilan Chihuahua memang unik sekali. Uniknya lagi (apa?? Lagi-lagi?? Sungguh terlalu), Chihuahua bukanlah jenis anjing yang mampu lari cepat. Jadi, anjing ini jarang pergi jauh-jauh. Namun sekali lagi, janganlah si Chihuahua sampai terinjak kaki siapa pun yang ada di dekatnya.

Da...dah... Sobat-sobat F.A. ;)




Sumber : Majalah Bobo No. 16 tahun XXXXVIII

23 pendapat:

  1. waduuucchh kecil banget ya gan ;;)

    hmm..

    BalasHapus
  2. ane pertama tau cihuahua dari Rossi gan.. di helmnya ada tulisan tribu dei cihuahua.. awalnya ane g tau tu apaan, sampe ada media yg membahasnya..

    ane lebih suka liat anjing yg mukanya berlipat2 g karuan itu.. entah apa namanya.. tp sayangnya anjing haram ya gan.. apalagi beberapa kali kucing ane mati gara2 anjing.. T_T

    BalasHapus
  3. Namanya juga lucu ya anjingnya.
    Memang kecil anjingnya

    BalasHapus
  4. wah ane kurang pengetahuan kalo soal anjing sob..heheh gag tertarik sama hewan gituan....absen pagi sobat :)

    BalasHapus
  5. @bangjal dua tiga: iya sob, namanya juga anjing terkecil di dunia

    @Santai Coi: Wah, iya sob, bener banget, ane juga sempat dengan dari rossi, soal anjing yang sobat tanya itu namanya anjing Bulldog, iya, haram sob, jadi mending nggak usah deh

    @Blog Keperawatan: tentu, nama dan rupanya lucu

    @Dwi Yulianto: hehe, alhamdulilah ane berbagi sob tentang anjing satu ini

    BalasHapus
  6. Kecil mungil, tetapi juga banyak yang suka kali yah

    BalasHapus
  7. @Sehat Kita Semua: Tentu sob, sampe-sampe dibuat film-nya lho sob

    BalasHapus
  8. anjingnya kecil banget yach sobat???

    BalasHapus
  9. kalau sama anjing besar, ane takut digigit sob. Tapi kalau anjing kecil segitu nggak takut sob. Malahan imut, seperti kucing aja.

    BalasHapus
  10. @Asis Sugianto: Bener banget Mas,

    @Neno:Wkakakaka =)) Itulah chihuahua

    @HP Yitno: Wah, kita sama dong, hehe, ngeri kalo anjing besar sob

    BalasHapus
  11. wah itu alasan nya dia banyak di sukai ya. yang kecil mungil dan menarik, telinga dan mata besar. gambar kedua terlihat jelas ya bedanya.

    BTW ri, makasih ya sarannya. ane liat ah yang followa ane. ente kan pake platfom bloger ya, bisa ya bikin forum? ;)) bingun juga ane. tekniknya hebat ouy, patut di tiru dan di coba.
    btw lagi ni, ente ud punya pay pal. gimana buatnya si? ane pengen tau ni. wah pertanyaanya boronga ya. kirim ke email ane aj deh klo terlalu prifasi drieant_18@yahoo.com ya. makasih loh ya.

    BalasHapus
  12. ada award nih buat sobat..cek ke TKP segera.. :)

    BalasHapus
  13. ihh.. kecil bgt.. macam boneka aja. hehe

    BalasHapus
  14. anjing anjingnya betul betul kecil dan juga imut imut hehehehe

    BalasHapus
  15. :-t gan, kyanya besok ada yang majang award pertama nie. heheh, tadi ane liat di xp gan. ;))

    BalasHapus
  16. @cerita anak kost: Yo'i, bener banget Mas, iya sama-sama, terima kasih kembali, semuanya udah ane kirim lwat e-mail... :)

    @DWI YULIANTO | THE-XP: Wah, terima kasih sobat :) :D ;;) ;)) langsung ke TKP

    @Profile Lengkap Blink Girlband Remaja Indonesia : Kalo gitu ubah tujuannya, jangan buat ngusir maling, buat mainan aja, hihihi

    @Asalasah: Betul sobat, memang mirip "mainan"

    @Wahid Sahidu: Hehehe, namanya juga si Chihuahua

    @Cerita anak kost: Hihihi, sobat bisa aja deh, hehe :D terima kasih sob

    BalasHapus
  17. mampir sejenak ambil minum sebelm berangkat blogwalking,,ayo ronda sob malam ini... :)

    BalasHapus
  18. wah ada2 aja ya sob :D
    Nice sob
    Absen malam

    BalasHapus
  19. @DWI YULIANTO | THE-XP: Silahkan dinikmati minumannya sob, wah, mohon maaf nih, ane ngantuk berat dan nggak bisa ngeronda, hehehe

    @Rama Arif Maulana: Ya... Gitu deh

    BalasHapus
  20. Kecil, lucu, imut, dan paling galak konon katanya :D

    BalasHapus
  21. 3000 thn tua benget.., lucu mungil tp hati jilatanx :(, nice post...

    BalasHapus

Silahkan menuliskan komentar anda, jangan sungkan-sungkan, karena blog ini sudah "do follow", tetapi patuhi peraturan yang berlaku. Dimohon untuk klik +1 di atas demi keuntungan bersama. Dilarang berkomentar hal-hal yang negatif, kasar, berbau porno, mengandung SARA, Spam, dan sebagainya. Dimohon untuk tidak mencantumkan link hidup pada komentar.

Terima kasih, komentar anda sangat berarti untuk Fahri's Articles.