Home » » VY Canis Majoris, Bintang Terbesar di Alam Semesta

VY Canis Majoris, Bintang Terbesar di Alam Semesta

Sejauh pengetahuan manusia hingga saat ini, bintang terbesar di alam semesta adalah VY Canis Majoris. VY Canis Majoris berada di gugusan bintang Canis Major. Karena saking besarnya, ia termasuk salah satu bintang yang paling terang cahayanya. Letaknya sekitar 4.900 tahun cahaya dari bumi.


Perbandingan planet dan bintang

Bintang ini pertama kali diketahui berdasarkan katalog dari Jerome Lalande pada 7 Maret 1801. Katalog tersebut mencatat VY Canis Majoris sebagai 7 bintang besar. Sejak tahun 1847, VY Canis Majoris diketahui sebagai bintang merah. Dengan suhu sekitar 3000 K, suhu yang termasuk dingin untuk sebuah bintang bercahaya.

Adakah bintang lain yang lebih besar dari VY Canis Majoris? Sampai sekarang pun para ilmuwan masih mengungkap fakta-fakta sains mengenai keberadaan bintang lain yang memiliki massa yang lebih besar dan lebih massive daripada VY Canis Majoris.


Ukuran VY Canis Majoris dibandingkan Matahari.

Profesor Roberta M. Humphreys dari Universitas Minnesota memperkirakan radius VY CMa adalah 1800 hingga 2100 kali radius Matahari. Untuk mengilustrasikan, jika Matahari digantikan oleh VY CMa, radiusnya bisa melampaui orbit Saturnus.

Dan jika Bumi diwakili oleh bola dengan diameter 1 cm, Matahari diwakili bola dengan diameter 109 cm, dengan jarak antara keduanya 117 meter. Pada skala ini, VY Canis Majoris memiliki diameter sekitar 2.3 kilometer.

Tidak seperti bintang-bintang besar lainnya VY Canis Majoris adalah bintang tunggal dan bukan sistem bintang yang dalam satu tata surya memiliki lebih dari satu bintang.

Ukuran VY Canis Majoris sangatlah besar jika dibandingkan dengan tata surya kita. Besar diameternya kira-kira dari matahari sampai melampaui orbit Saturnus (9 kali jarak matahari ke bumi) atau 3.063.000.000 km, dan jika dilihat dari kecepatan cahaya VY Canis Majoris harus ditempuh 8 jam oleh kecepatan cahaya untuk mengitarinya sekali putaran.
Perbandingan matahari kita dengan VY Canis Majoris

Perbandingan matahari kita dengan VY Canis Majoris

VY Canis Majoris boleh dibilang sebagai bintang yang sekarat. Seperti bintang besar lainnya di alam semesta ini, VY Canis Majoris menjadi begitu besar karena bahan bakar yang berupa hidrogen telah habis di dalamnya dan mulai menggabungkan hidrogen dengan kulit luar dari inti helium.

Bahkan VY Canis Majoris dapat lebur bersama helium, lithuim dan sebagainya. Akhirnya ia akan memiliki inti yang terdiri dari besi seperti halnya planet.

Masalahnya setelah reaksi fusi terbentuknya inti besi tersebut, mereka tidak menghasilkan energi sehingga tidak mampu mengimbangi tekanan gravitasi yang dihasilkan oleh bintang.

Ketika semua bahan bakar fusi habis, bintang akan runtuh serempak dalam sebuah ledakan supernova dan akan menjadi lubang hitam atau blackhole.

Teori mengenai keberadaan VY Canis Majoris diklaim oleh ilmuwan sebagai bintang terbesar di alam semesta yang pernah diketahui oleh manusia, namun tak menutup kemungkinan jika suatu saat sains dapat menemukan kembali sebuah bintang yang memiliki massa jauh lebih besar dari VY Canis Majoris.

.

34 pendapat:

  1. Terima kasih sahabat atas berbagi pengetahuannya mengenai dunia luar angkasa ini

    BalasHapus
  2. wah matahari kita belum ada apa apanya ya. ehm, inilah kehebatan tuhan, dia yang menciptakan semua ini maka dia lah yang mampu mengendalikanya. kebayang siapa lagi yang mampu mengendalikan semua ini selain tuhan ya?

    BalasHapus
  3. rie, ga berat ah blogmu, kmu pandai juga. sengaja menghilangkan beberapa widget terutama pas postingan ya, hem, aku juga gitu soalnya. bagus lah. btw joint fb fans ku dong, hehe. aku juga pengen blajar gimana supaya dapet fb fans banyak ya, kaya kamu tu, sampe 100 an, mantap eh. aku ikut juga ah, biar rame.

    BalasHapus
  4. wah... matahari aja segitunya... nggsk tau deh apa jadinya kalau bumi ditabrak majoris.... subhanallah

    BalasHapus
  5. gambarnya bulet2 kayak jajanan pasar. :D *salahpokus

    BalasHapus
  6. artikelnya bagus nih sob... nambah wawasan...

    :)

    BalasHapus
  7. Masyaaa ALLAAHH.. Dahsyatnya Ukurannya.. udah dibandingkan berkali kali.. GYAAA Besar amat.. ibarat bumi 1 Cm, matahari 109 cm.. VY Canis 2.3 KM ???
    trus suhunya masih dibilang dingin untuk bintang yang bersinar

    Masya Allah... ane suka takjub kalo baca tentang astronomi.. kagak ada habis habis nya hal yang menakjubkan.. luar biasa.. thanks fahri atas postingannya

    Maha Besar Allah yang menciptakannya .. Allahuakbar :D

    BalasHapus
  8. Besar bgt bintang nya.. tapi sayang ya disitu ditulis umurnya udah tua.. hiks

    BalasHapus
  9. kira-kira apa yangakan terjadi jika bintang ini jatuh ke bumi ya ? hehehe

    BalasHapus
  10. dapat pengetahuan baru disini
    terima kasih gan

    BalasHapus
  11. ya ya ya. namanya juga keren sob VY Canis Majoris, ane malah baru dengar (baca) dari posting ini. nice share

    BalasHapus
  12. lebih besar daripada matahari yach sobat???

    BalasHapus
  13. wah matahari bisa sekecil itu.. hanya terlihat seperti sebuah titik... nggak salah dinamai VY Canis "Majoris"

    BalasHapus
  14. wah gede banget berarti ya.

    BalasHapus
  15. bukti betapa maha kuasa allah swt. nice post sob :)

    BalasHapus
  16. mampir lagi sob. hehehe

    BalasHapus
  17. Wah akhirnya nemu juga ni, ,
    makasih kak tutorialnya. .

    mintag saranya utk blogku jga ya kak. .
    http://fidianalestari.blogspot.com

    BalasHapus
  18. @Ilham Bachtiarbalik lagi sob... nunggu yang baru :)

    BalasHapus
  19. Maaf sob, baru bisa berkunjung lagi...

    BalasHapus
  20. hah..?? masa iya?? matahari kalah ribuah kali lipat sama canis majoris?

    BalasHapus
  21. Kunjungan pagi sob. Ditunggu postingan nya. :D

    BalasHapus
  22. wah selama ini ane tahunya matahari sob yang paling besar, ternyata ada yang lebih besar ya..

    trims infonya

    BalasHapus
  23. dateng lagi bang Fahri.. :D

    BalasHapus
  24. waaah, bimbelnya lama bgt bang. :D

    BalasHapus
  25. ane cuman mau nawarin kalau mau gabung ke group untuk menghasilkan pendapatan anda di PPC, disana kita bisa saling tukeran klik setiap harinya, itu jg kalau mau ajah. terima kasih seblumnya.

    Group > https://www.facebook.com/groups/214528828667554/

    BalasHapus
  26. kita bukan apa2 ya, bahkan matahari aja yang berlipat2 besarnya dari bumi cuma terlihat segitu kecilnya.

    ngeblog dapet android, ikutan yuk!

    BalasHapus
  27. wah kemana nih sobat fahri, kok belum ada artikel barunya :D

    BalasHapus
  28. 4900 tahun cahaya..benar-benar sangat jauh ya..dan dimensinya juga lebih besar dari matahari...subhanallah

    BalasHapus
  29. wahh manteb nih sobat..
    dapet pengetahuan lagi nih,,
    saya save yah pagenya :)

    BalasHapus
  30. wow.. cuma setitik ya..

    ini ada tampilan animasinya, silahkan dicek di :

    http://gakkuliahtapipinter.blogspot.com/2012/06/batas-pengetahuan-manusia.html

    BalasHapus
  31. keren nih bantu tuk belajar ilmu bintang

    BalasHapus

Silahkan menuliskan komentar anda, jangan sungkan-sungkan, karena blog ini sudah "do follow", tetapi patuhi peraturan yang berlaku. Dimohon untuk klik +1 di atas demi keuntungan bersama. Dilarang berkomentar hal-hal yang negatif, kasar, berbau porno, mengandung SARA, Spam, dan sebagainya. Dimohon untuk tidak mencantumkan link hidup pada komentar.

Terima kasih, komentar anda sangat berarti untuk Fahri's Articles.