Home » » Jembatan Tertua di Dunia! Umurnya 1 Juta Tahun...

Jembatan Tertua di Dunia! Umurnya 1 Juta Tahun...


Ada sebuah jembatan yang disebut Adam Bridge, atau dikenal juga dengan Rama Bridge penuh misteri. Alasannya, karena umur jembatan ini diperkirakan lebih dari 1 juta tahun.

Letak Adam Bridge sepanjang 30 Km ini menghubungkan antara Manand Island (Srilanka) dan Pamban Island (India). Strukturnya  sangat mudah terlihat dari atas permukaan air laut karena kedudukannya yang tidak terlalu dalam.

 


Status jambatan ini masih merupakan misteri sehingga kini. Menurut tafsiran, Adam Bridge mempunyai kaitan dengan mitos terkenal India, Ramayana.

Yang bikin heboh, Srilankan Archeology Department mengeluarkan pernyataan yang menyebutkan usia Adam Bridge mungkin berkisar diantara 1.000.000 hingga 2.000.000 tahun. Yang menjadi pertanyaan, apakah jambatan ini benar-benar terbentuk oleh proses alam atau ciptaan manusia?

S.U.Deraniyagala, Pengarah Pusat Arkeologi Sri Lanka yang juga merupakan pengarang buku “Early Man and the Rise of Civilization in Sri Lanka: the Archaeological Evidence mengatakan bahwa peradaban manusia telah muncul di Kaki Gunung Himalaya sekitar 2.000.000 tahun lalu. 
Pertentangan: Menurut para sejarawan peradaban paling awal di benua India adalah peradaban bangsa Ca.


Para sarjana menaksirkan bahawa kemungkinan jambatan purba ini dibangunkan setelah daratan Sri Lanka terpisah daripada India jutaan tahun silam.


Epos Ramayana
Di dalam Epos Ramayana,jambatan itu dibangun oleh para pasukan manusia kera dibawah pengawasan Rama. Maksud dari pembangunannya sendiri ialah sebagai tempat penyeberangan menuju Negeri Alengka dalam misi untuk menyelamatkan Dewi Shinta, yang saat itu diculik oleh Rahwana, Raja Kerajaan Alengka.

Epos Ramayana, menurut Kalender Hindu seharusnya berada pada masa Tredha Yuga (menurut cakram masa evolusi hindu/ cakram Hinduism tentang Epos tersebut terbagi menjadi empat: Sathya (1.728.000 tahun), Tredha (1.296.000 tahun), Dwapara (864.000 tahun) dan Kali (432.000 tahun).

29 pendapat:

  1. Kalo jembatan itu buatan manusia jutaan
    tahun silam. itu artinya peradaban jaman dulu sudah maju ya? *cling

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya jelas peradaban manusia jaman dulu itu udah maju banget,,,
      Sebagai contoh saja peninggalan candi2 yang ada di Indonesia seperti Candi Borobudur dll,,, bayangkan bagaimana mereka mengerjakannya?? semuanya dari batu dikerjakan tanpa alat berat,,

      Hapus
  2. eh, keren bnget tuw jembatannya. Jembatannya tuw berbentuk daratan gitu ea?
    kyaknya tuw emang proses alam, bkan buatan...

    BalasHapus
  3. Kalo di Indonesia mungkin udah roboh. :v

    BalasHapus
  4. Ternyata orang jaman dahulu ta kalah hebat dengan orang di jaman sekarang ya.

    BalasHapus
  5. benar2 misteri, bs jd cz kejadian alam cz ms sh ada manusia kera. *smile

    BalasHapus
  6. wahh, jutaan tahun usianya? masya allaah, hebat banget euy. iptek banget nih. sayangnya nggak banyak diulas di pelajaran sekolah ya Mas..

    BalasHapus
  7. wah satu juta tahun, luar biasa ya sob, yang saya heran kok bisa tahu usianya 1 juta yah

    BalasHapus
  8. itu gmn ngukur taunnya kang iia..?!?!? 1juta taun.. ckckckck mantap bangedd :(

    BalasHapus
  9. nah ini nih yg ada dikisah Ramayana ...
    berarti Ramayana itu ada di India, bukan di Jawa.. bener kan?

    BalasHapus
  10. Paling itu karna proses alam :D

    BalasHapus
  11. suka dengan artikel yg nambah wawasan kek gini :)

    BalasHapus
  12. satu juta tahun yang lalu??? wowww
    siapa yang buat jembatannya yah dikehidupan masa lalu, apakah jin kayak pembuatan candi di indonesia, ata emang tenaga manusia, hehe

    BalasHapus
  13. selamat siang sobat trmksih banyak ssobat infonya'y

    BalasHapus
  14. Sebuah epos atau legenda rakyat, dibuat sebenarnya berasal dari sebuah cerita. Logika saya, kalau orang bisa bercerita dan menggambarkan, maka kemungkinannya memang ada. Namun, sebagai manusia, kita juga kadang berlebihan dalam menceritakan sesuatu. Jadi mungkin saja, ceritanya menjadi trlalu fantastis. Tapi, kalau melihat catatan di artikel ini, memang mustahil kalau jembatan ini dibuat manusia. Informasi yang bagus sekali mas ...

    BalasHapus
  15. tapi emang bener bener aneh ya gan, seperti jembatan si. mungkin bener juga, udah ada di jaman ramayana.

    BalasHapus
  16. masa lalu memang masih menjadi misteri yang belum terpecahkah..dan jembatan ini salah satu bukti bahwa manusia sudah canggih sejak zaman dulu :-)

    BalasHapus
  17. Saudara-saudara sekalian... cara mengukur tahun terbentuknya jembatan adalah dengan meneliti sedimen lapisan bebatuan yang membentuknya. Terdapat beberapa tipikal jenis batuan yang berbeda diukur dari berapa lama ia mengendap. Bukan hanya batuan, tapi juga tanaman bahkan tulang manusia dan hewan. Untuk itulah ada ilmu arkeologi yang membahas berapa usia fosil yang ditemukan.Yak cukup sekian (^_^)/

    Mantap sekali sobat! Btw, rumahmu menjadi perhentian pertamaku setelah vakum beberapa waktu silam #lagi lebay :D

    BalasHapus
  18. kalau memang benar ini jembatan seperti dalam cerita ramayana, hebat sekali ya proses pembuatan mengingat peradaban yang ada ketika itu

    BalasHapus
  19. Bisa umur panjang gitu jembatannya, pasti karena perawatannya yg baik pula...

    Beda ama SuraMadu, barusan dibuat aja baut di pondasi jembatan udah dicuri ama warga2 nakal...

    BalasHapus
  20. yg pny blog lg sibuk ni.. *smile

    BalasHapus
  21. jadi bukti klo tekhnologi masa lalu jg sdah sdemikian maju

    BalasHapus
  22. misterinya belum terungkap ya gan

    BalasHapus
  23. masih bisa berfungsi ndak mas :)

    BalasHapus
  24. menarik untuk di perbincangkan... thx for sharing

    BalasHapus

Silahkan menuliskan komentar anda, jangan sungkan-sungkan, karena blog ini sudah "do follow", tetapi patuhi peraturan yang berlaku. Dimohon untuk klik +1 di atas demi keuntungan bersama. Dilarang berkomentar hal-hal yang negatif, kasar, berbau porno, mengandung SARA, Spam, dan sebagainya. Dimohon untuk tidak mencantumkan link hidup pada komentar.

Terima kasih, komentar anda sangat berarti untuk Fahri's Articles.